cara riset hastag di instagram

Cara Riset Hashtag di Instagram Agar Konten Mudah Ditemukan

Banyak orang yang sembarangan menggunakan fitur hashtag di Instagram. Padahal, bila Anda tahu cara riset hashtag di Instagram, kiriman Anda akan semakin mudah ditemukan dan bukan tidak mungkin bila jumlah pengikut akun anda bertambah.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mempromosikan akun Instagram tanpa perlu membayar iklan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu Hashtag dan Apa Fungsinya?

Hashtag adalah tagar (tanda pagar) yang pertama kali diciptakan oleh Twitter pada tahun 2007. Awalnya, hashtag berfungsi mengelompokkan percakapan sesuai topik agar mempermudah pengguna menemukan kiriman yang sesuai.

Sekarang, hashtag tidak hanya tersedia di Twitter, tetapi juga pada media sosial lainnya seperti Instagram. Fungsi hashtag pun menjadi semakin berkembang. Beberapa kegunaan hashtag di Instagram adalah sebagai berikut.

1. Fitur Follow Hashtag di Instagram

Fitur ini memungkinkan pengguna mengikuti sebuah hashtag dengan topik yang disukai. Selanjutnya, Instagram akan menyebarkan kiriman dengan hashtag serupa kepada para pengguna yang mengikutinya.

Sistem ini tentu sangat menguntungkan bagi pemilik akun baru yang belum mempunyai banyak pengikut. Kiriman dengan hashtag sesuai tentu akan membuat para pengguna lain tidak ragu untuk melakukan interaksi bahkan mengikuti akun Anda demi mendapatkan kiriman terbaru.

2. Hashtag Sebagai Kata Kunci di Search Engine Instagram

Meski tidak sedang mengikuti hashtag tertentu, pengguna juga bisa mencari kiriman dengan topik yang diinginkan melalui search bar. Sayangnya, kotak pencarian Instagram hanya berlaku untuk menemukan nama pengguna, hashtag, dan lokasi.

Bila Anda tidak menyertakan hashtag pada kiriman, maka kiriman tersebut tidak akan bisa ditemukan. Sayang sekali, bukan? Itu sebabnya mengapa penggunaan hashtag di Instagram haruslah sangat dioptimalkan.

Cara Riset Hashtag di Instagram

Sebelum memilih hashtag untuk disertakan dalam caption kiriman Anda, ada baiknya bila Anda melakukan riset terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa trik riset hashtag Instagram yang dapat Anda lakukan.

1. Buat Daftar Kata Kunci yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar kata kunci sesuai dengan konten yang akan Anda bagikan di Instagram. Kata kunci bisa berhubungan dengan objek di dalam kiriman, lokasi, hingga momen yang ingin dibagikan.

Cara ini akan mengoptimasi penggunaan hashtag agar sampai tepat kepada orang-orang yang ditargetkan. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa kata kunci yang digunakan mudah ditemukan oleh pengguna lainnya.

Buatlah daftar kata kunci yang mungkin diketikkan oleh pengguna ketika ingin mencari suatu kiriman. Posisikan diri Anda sebagai yang membutuhkan informasi tersebut agar memiliki pola pikir yang sama dengan pengguna lainnya.

2. Riset Hashtag pada Kolom Pencarian

Bila sudah memiliki daftar kata kunci, silakan ketikkan kata kunci tersebut satu per satu pada kolom pencarian. Hal ini bertujuan untuk memeriksa kesesuaian kata kunci dengan hashtag yang tersedia di Instagram.

Catat setidaknya 10 hingga 20 hashtag yang menurut Anda paling sesuai dan menarik. Catat juga beberapa akun populer yang berkaitan dengan kata kunci untuk memeriksa hashtag apa yang mereka gunakan pada setiap kiriman.

3. Riset Hashtag pada Top Post

Bila Anda mengklik salah satu hashtag yang tersedia di kolom pencarian, halaman yang muncul berikutnya adalah semua kiriman dengan hashtag serupa yang dibagi ke dalam dua kelompok; Top dan Recent. Top adalah kiriman yang paling populer di Instagram, sementara Recent adalah kiriman yang baru saja dibagikan.

Biasanya, kiriman pada Top Post akan menjadi prioritas untuk dibagikan kepada para pengikut hashtag karena dianggap sebagai kiriman berkualitas. Anda dapat memeriksa hashtag apa saja yang ikut disertakan pada suatu kiriman sehingga bisa diklasifikasikan ke dalam Top Post dan menjadi viral.

4. Riset Hashtag yang Diikuti Selebgram

Selebgram juga sering mengikuti suatu hashtag yang menurut mereka penting. Anda dapat memeriksanya dan menggunakan hashtag serupa agar kiriman Anda berkesempatan untuk di-like oleh selebgram.

Hal ini memungkinkan kiriman Anda muncul pada bagian explore milik akun yang mengikuti selebgram tersebut dan tentu saja jumlahnya bisa sampai jutaan pengguna. Tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan kepopuleran kiriman yang Anda bagikan.

Cara memeriksa hashtag yang diikuti selebgram sangat sederhana. Anda hanya perlu mengklik bagian following pada profil akun, kemudian klik bagian hashtags. Bila tidak ditemukan berarti akun tersebut sedang tidak mengikuti hashtag apapun.

5. Riset Hashtag yang Sering Digunakan Selebgram

Tidak hanya hashtag yang diikuti selebgram, memeriksa hashtag yang sering mereka gunakan pun sama pentingnya. Sayangnya, menganalisa hashtag secara manual sangatlah sulit. Anda bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi seperti Virol untuk mengatasi masalah tersebut.

Virol adalah aplikasi pencari hashtag Instagram yang dapat membantu Anda memilih hashtag mana yang paling sering digunakan oleh suatu akun. Bila Virol telah terinstal, Anda tinggal membuka profil akun selebgram yang diinginkan, kemudian klik pilihan Insights.

Aplikasi Virol akan menunjukkan hasil analisa yang diurutkan berdasarkan popularitas, jumlah kiriman, dan persentase penggunaan hashtag. Silakan pilih beberapa hashtag yang berada pada urutan teratas.

6. Riset Hashtag Turunan

Hashtag turunan atau sering juga disebut sebagai related hashtag adalah hashtag yang memiliki keterkaitan dengan suatu hashtag lainnya. Anda akan sangat memerlukan ini bila sudah kehabisan ide menentukan hashtag.

Riset hashtag turunan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Virol. Hashtag tersembunyi yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya dan tentunya berhubungan dengan kata kunci akan semakin mudah Anda ditemukan.

7. Pilih Hashtag Terbaik

Satu kiriman Instagram bisa menggunakan maksimal 30 hashtag. Pilihlah hashtag terbaik yang paling relevan dan bisa membuat kiriman Anda terkualifikasi ke dalam Top Post agar semakin mudah ditemukan.

Untuk memilih hashtag terbaik, Anda juga harus memperhitungkan popularitas suatu hashtag. Tidak selamanya hashtag yang banyak digunakan menjadi pilihan terbaik. Semakin banyak kiriman yang menggunakan hashtag tersebut, maka itu berarti saingan Anda semakin banyak.

Biasanya, hashtag dengan kata kunci umum akan semakin sering digunakan. Contohnya seperti hashtag #travel yang memiliki jumlah kiriman lebih dari 300 juta. Anda bisa memilih hashtag dengan kata kunci yang lebih spesifik seperti #travellifetime yang hanya memiliki 800 ribu kiriman atau #traveladdicted dengan 600 ribu kiriman.

Sebagai tips, bila akun Instagram Anda memiliki pengikut di bawah 10 ribu, sebaiknya hashtag yang digunakan memiliki popularitas 100 ribu hingga 1 juta kiriman saja. Bila Anda telah memiliki pengikut yang lebih banyak, Anda bisa mulai menggunakan hashtag dengan popularitas di atas 5 juta hingga 10 juta kiriman.
Dengan begitu, peluang kiriman Anda untuk masuk ke dalam Top Post Instagram juga akan semakin besar.

8. Gunakan Hashtag Generator

Rangkaian riset hashtag Instagram gratis di atas memang memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Namun, jangan khawatir bila Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat melakukan riset. Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya yang ada pada aplikasi Virol, yaitu related hashtag generator.

Hal yang perlu Anda lakukan hanya memasukkan satu hashtag yang sesuai dengan kiriman Instagram Anda dan Virol akan mencarikan hashtag lainnya yang relevan. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan lainnya.

Itulah beberapa cara riset hashtag di Instagram yang dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan hashtag. Lakukan secara konsisten agar promosi di media sosial semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.