short url terbaik

Beberapa Situs Short URL Terbaik yang Sangat Bisa Diandalkan

Pernah lihat ada orang yang share informasi di media sosial dari situs dengan alamat URL yang sangat panjang? Kemungkinan besar mereka belum tahu tentang situs short URL terbaik. Padahal, URL situs tersebut bisa dipendekkan.

Bagaimana caranya? Kami akan membahas tutorial penggunaan masing-masing situs. Dan Anda bisa langsung mempratikkan.

Sekilas Mengenai Situs Short URL Terbaik

Sebelum membahas satu per satu bagaimana cara menggunakan situs short URL terbaik, Anda perlu tahu bagaimana peran situs tersebut. Secara sederhana, ini adalah beberapa situs yang bisa memperpendek link URL tertentu. Dengan cara ini, maka URL akan lebih mudah untuk di share di platform lain, seperti di media sosial Facebook, Instagram, atau di WhatsApp.

Bagaimana dengan isi konten di dalamnya? Anda tidak perlu khawatir. Ketika Anda memendekkan URL, konten di dalamnya sama sekali tidak berubah. Jadi, ini hanya untuk memendekkan URL tanpa merubah isi kontennya.

Kelebihan Memendekkan URL

Mungkin Anda juga berpikir apa gunanya memendekkan URL. Sekilas memang tidak ada gunanya. Akan tetapi, coba pikirkan kembali. Berikut ini beberapa keuntungan atau kelebihan yang akan Anda rasakan jika Anda memperpendek URL.

1. Customization

Apa itu customization? Artinya, Anda tidak hanya bisa memendekkan URL tapi juga merubah sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya saja Anda memendekkan sekaligus menambahkan nama brand perusahaan Anda. Bukankah ini bagus untuk branding?

2. Lebih Clickable

Ada beberapa online marketer yang sudah memanfaatkan situs short URL terbaik untuk memendekkan URL. Dan mereka merasakan bahwa cara ini bisa menaikkan trafik sebuah website. Pasalnya, ketika URL diperpendek, maka itu berpengaruh pada keinginan orang untuk klik. Sederhananya, memendekkan URL bisa membuatnya lebih clickable. Sebagai orang online marketer, ini hal yang sangat mereka butuhkan.

3. Mempermudah untuk Tracking

Selain untuk meningkatkan trafik, Anda juga bisa melacak dari mana saja trafik tersebut. Situs short URL juga menyediakan fitur tracking, yaitu fitur untuk melacak dari lokasi mana seseorang mengklik short URL tersebut.

Data tersebut sangat penting. Karena dengan data tersebut, Anda bisa membuat sebuah keputusan atau kebijakan dalam melakukan strategi digital marketing. Anda tahu siapa saja yang banyak mengklik dan di mana lokasinya.

4. URL Lebih Mudah Dihafalkan

Setiap kali memposting konten baru, tentu saja URL secara otomatis panjang, sesuai dengan judul konten artikel tersebut. Ini sangat sulit dihafalkan. Berbeda jika Anda gunakan situs short URL lalu pendekkan dan customize. Anda bisa kustomisasi dengan kata yang mudah diingat.

5. Terlihat Lebih Profesional

Dilihat dari perspektif psikologi, URL yang panjang tidak terlihat bagus. Bahkan, ada yang menganggap kurang profesional. Kebanyakan orang yang membangikan link URL panjang itu orang yang mungkin baru mengerti tentang dunia digital atua blogging.

Berbeda dengan orang yang sudah profesional. Setiap kali membagikan link URL, mereka akan memendekkan terlebih dahulu. Orang yang melihat link tersebut pun merasa lebih tertarik dan lebih percaya dengan link yang dibagikan. Pada akhirnya mereka mau mengklik link tersebut.

6. Bagus Digunakan di Media Sosial

Dengan memendekkan link URL, maka Anda bisa lebih leluasan memasukkan atau memposting di media sosial, terutama media sosial yang membatasi karakter. Dengan membuat link URL lebih pendek, Anda masih punya space untuk membuat caption yang sedikit lebih panjang di postingan media sosial Anda.

Nah, menarik bukan? Untuk itu, tidak salah sekali jika Anda memanfaatkan beberapa situs shor URL terbaik yang sudah tersedia sekarang.

8 Situs untuk Memendekkan Situs URL yang Bisa Anda Pakai

Lalu, apa saja situs short URL yang bisa Anda andalkan? Berikut ini ada 8 situs yang bisa Anda gunakan:

1. Bitly

Bisa dikatakan inilah situs short ULR yang paling terkenal. Mengapa? Karena Anda tidak perlu ribet menggunakannya. Anda tidak akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Selain itu, Anda bisa memendekkan link URL sesuai dengan keinginan Anda.

Akan tetapi, jika Anda ingin sekaligus melakukan tracking trafik, sebaiknya Anda lakukan registrasi. Dan registrasi ini tidak dipungut biaya.

Bagaimana cara memendekkan link URL di Bitly ini? Mudah sekali. Anda hanya perlu copy-paste link original ke box yang sudah tersedia. Lalu, klik shorten. Link URL bisa Anda customize di bagian belakang saja karena Anda hanya menggunakan akun free. Jika Anda ingin melakukan customize link secara keseluruhan, Anda bisa ambil paket berbayar. Ada biaya bulanan yang harus Anda bayarkan.

Beberapa brand besar sudah menggunakan situs short URL yang satu ini. Contohnya saja McDonald’s serta Dunkin’ Donuts. Mereka percaya dengan situs yang satu ini karena mereka mengenkripsi HTTPS. Artinya, link dijamin keamanannya setelah diperpendek. Virus tidak akan bisa menyusup ke dalam situs melalui link tersebut.

2. TinyURL

Situs yang satu ini memang tidak begitu popular jika dibandingkan dengan Bitly. Akan tetapi, ini adalah pionirnya situs memperpendek link URL. Situs ini mulai beroperasi mulai tahun 2002.

Ada beberapa keunggulan dari situs short URL TinyURL ini. Salah satunya gratis. Tidak ada biaya apapun yang dikenakan. Hanya saja, fitur yang ditawarkan tidak begitu lengkap seperti yang lainnya.

Selain itu, Anda bisa dengan sangat mudah menggunakan situs. Anda bisa pasang toolbar TinyURL ini di browser. Jadi, ketika Anda ingin memperpendek URL, tinggal geser dan taruh link ke toolbar tersebut.

Selain itu, link URL yang sudah Anda perpendek bisa Anda gunakan selamanya. Tidak ada masa kadaluarsa. Jadi, Anda bisa buat sekali dan gunakan selamanya.

3. Rebrandly

Situs short URL yang satu ini bisa dikatakan lebih canggih daripada dua situs sebelumnya. Selain memperpendek link URL, Anda juga bisa mengatur kadaluarsanya, mengubah menjadi QR Code, serta fitur analytic. Hanya saja, untuk mendapatkan semua layanan tersebut, Anda harus ambil paket berlangganan.

Jika Anda tidak berlangganan, Anda tetap bisa mendapatkan layanan untuk memperpendek link URL. Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa customize seperti mengganti URL dengan brand perusahaan Anda.

4. Tiny.cc

Setelah semakin banyak orang yang menggunakan situs short URL, mereka mulai sadar pentingnya fitur yang ditawarkan penyedia layanan tersebut seperti fitur tracking trafik. Sayangnya, beberapa situs menawarkan harga berlangganan yang relatif mahal.

Tiny.cc menangkap peluang tersebut. Mereka menawarkan harga berlangganan yang lebih murah, yaitu $5/bulan. Dengan membayar $5 saja, Anda bisa menggunakan fitur kustomisasi URL, tracking trafik, melihat CTR, hingga mengetahui dari mana orang mengakses lengkap dengan browser yang digunakan.

Namun, tetap saja Anda bisa gunakan yang gratis. Jika Anda hanya ingin memendekkan link URL, Anda tidak harus ambil yang paket berlangganan. Cukup gunakan yang gratis saja.

5. BL.INK

Situs link short URL berupa BL.INK ini menjadi terobosan terbaru. Pasalnya, hampir semua fitur yang di situs lain harus berlangganan bisa Anda gunakan secara gratis. Anda bisa melakukan tracking trafik, mengetahui device yang mereka gunakan, dan juga customize link.

Hanya saja, ada pembatasan. Itu semua hanya untuk satu pengguna dan jumlah kliknya 1.000 klik saja. Jika trafik Anda begitu besar, Anda bisa ambil paket berbayarnya dengan fitur yang dinamakan Smart Link. Dengan fitur ini, Anda bisa customize link dengan menggunakan keyword tertentu. Misalnya saja Anda bisa customize link dengan menggunakan keyword yang sedang popular. Ini akan membuat CTR naik signifikan.

6. T2M

Yang menarik dari situs short URL yang satu ini adalah fitur Custom Analytic Report. Artinya, Anda bisa meminta laporan statistik sesuai dengan keinginan. Anda akan mendapatkan dashboard yang menampilkan semua data analisa. Jika ada data analisa yang tidak ada dan Anda ingin analisa itu muncul, Anda bisa custom sendiri. Contohnya Anda ingin melihat alamat IP pengunjung atau seberapa sering mereka berkunjung ke website. Anda bisa meminta data analytic tersebut.

Fitur yang lain sama dengan fitur yang ditawarkan situs perpendek URL lainnya, seperti kustomisasi URL, mengatur kadaluarsa link dan lain sebagainya. Sayangnya, tidak ada versi gratisnya. Agar bisa menggunakan situs ini, Anda harus berlangganan.

Anda bisa coba free trial-nya jika Anda ingin tahu keunggulan situs T2M ini. Setelah itu, Anda bisa berlangganan mulai paket basic dengan membayar $5.

7. Polr

Tidak jauh beda dengan situs-situs short URL lainnya, Polr menawarkan fitur yang hampir sama, seperti kustomisasi link URL, analytic data, dan juga kadaluarsa link. Namun, satu hal yang menjadi pembeda. Polr ini menawarkan fitur self-hosting. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan nama domain sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, Anda harus punya pengetahuan tentang PHP, MySQL, atau Lumen agar bisa memaksimalkan layanan dari situs ini. Jika tidak, Anda bisa belajar terlebih dahulu. Disediakan demo bagaimana cara menggunakan semua fitur Polr ini.

8. Yourls

Situs yang satu ini sama persis dengan Polr. Ada fitur self-hosting yang memungkinkan Anda mengganti nama URL domain Anda sendiri. Yourls mengatakan bahwa ini situs yang ringan meskipun fitur yang ditawarkan begitu lengkap.

Lalu, mana situs yang bakal Anda gunakan? Yang pasti, itulah situs short URL terbaik yang bisa diandalkan. Anda bisa pilih yang menurut Anda mudah untuk Anda gunakan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.

Jika konten ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan ya guys! Simak panduan dan tutorial lain disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *