toko online vs marketplace

Inilah Perbedaan Jualan di Toko Online vs Marketplace

Sekarang ini, jualan online itu semakin mudah. Anda tinggal pilih antara membangun toko online vs marketplace. Keduanya bukan hal yang sulit untuk dibuat.

Ada banyak pebisnis online yang sukses menggunakan marketplace. Namun, ada yang lebih tertarik berjualan dengan menggunakan toko online sendiri. Sebagai penjual online, tentu Anda harus menentukan keputusan apakah harus menggunakan marketplace atau toko online.

Keputusan yang tepat hanya bisa Anda buat jika Anda mengerti masing-masing dari toko online vs marketplace. Sudah bisa dipastikan masing-masing memiliki kekurangan. Akan tetapi, sebaiknya fokus pada masing-masing kelebihan sehingga Anda bisa melihat hal yang positif. Dari sinilah Anda bisa membuat keputusan yang bijak apakah Anda akan berjualan di toko online sendiri atau di marketplace.

Kelebihan Jualan di Marketplace

Anda tidak akan kebingungan untuk mencari marketplace. Ada banyak sekali marketplace di Indonesia. Setidaknya ada 4 marketplace terbesar, yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak.

Marketplace apapun sebenarnya menawarkan kelebihan yang hampir sama. Di antaranya sebagai berikut:

1. Gratis

Dengan mendaftarakan diri sebagai penjual di marketplace, Anda tidak perlu membayar seperserpun. Tidak ada biaya yang harus Anda bayarkan kepada pihak marketplace. Pendaftaran sepenuhnya gratis.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa data diri, terutama alamat rumah, foto, dan juga foto KTP. Data tersebut dibutuhkan untuk menghindari terjadinya penipuan di saat transaksi secara online.

2. Sistem Sudah Disediakan

Jika Anda memilih berjualan online di marketplace, Anda hampir tidak perlu tahu banyak hal tentang sistem marketing hingga sistem pembayaran. Semuanya sudah disiapkan oleh pemilik marketplace.

Yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan foto produk dan juga harga. Sebaiknya Anda upload foto produk sebaik dan semenarik mungkin. Tentukan harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan dengan kompetitor. Setelah itu, sistem marketing di marketplace akan jalan sendirinya.

Begitu juga dengan sistem pembayaran online. Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Ketika terjadi sales, maka sistem pembayaran di marketplace akan mengatur dengan baik. Pembeli akan melakukan transfer uang. Anda harus kirimkan barang. Dan ketika barang sampai, sistem keuangan yang ada di marketplace akan mengalihkan uang dari pembeli ke rekening Anda.

3. Adanya Potensial Customer

Dengan berjualan di marketplace, Anda tidak perlu lagi memikirkan trafik atau potential customers. Marketplace yang sudah ada sekarang ini sudah terkenal. Trafiknya tinggi. Itu artinya potential customer sudah ada.

Ibaratnya, marketplace itu seperti pasar. Ada banyak sekali calon pembeli yang datang di tempat tersebut. Anda tinggal pasang produk (dalam hal ini foto produk) yang paling bagus sehingga calon pembeli mau datang.

4. Tak Perlu Ahli Di Bidang Digital Marketing

Karena sudah ada potential customer yang datang di marketplace, Anda tidak perlu tahu tentang bagaimana cara menerapkan digital marketing. Digital marketing itu cara untuk mendatangkan customer. Di marketplace, customer datang sendiri. Anda hanya perlu siapkan produk jualan Anda.

Itulah beberapa kelebihan berjualan online di marketplace. Namun, ada satu catatan. Banyaknya orang yang jualan di marketplace membuat persaingan terkadang tidak sehat. Misalnya saja banyak penjual yang melakukan perang harga. Ini yang sebenarnya dikeluhkan para penjual online jika mereka berjualan di marketplace.

Kelebihan Jualan di Toko Online

Lalu, bagaimana dengan sisi positif berjualan di toko online? Toko online cocok untuk semua jenis bisnis, baik berupa barang ataupun jasa, pribadi maupun perusahaan

1. Branding Lebih Mudah

Dengan menggunakan toko online sendiri, Anda bisa melakukan branding sendiri. Terutama Anda yang punya produk dan brand sendiri. Berjualan di toko online lebih disarankan. Anda akan lebih mudah mengenalkan brand produk Anda di toko online dibandingkan di marketplace.

Dengan melakukan branding, Anda pun akan lebih cepat mendapatkan pelanggan setia. Pelanggan tidak akan berpindah ke toko atau ke produk yang lain jika brand produk Anda sudah melekat di hati mereka.

2. Punya Data Customer Sendiri

Sekarang ini, yang paling penting adalah data. Karena dengan data, Anda bisa menentukan kebijakan untuk mengembangkan bisnis.

Data dari pelanggan bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki toko online. Bahkan, trafik pengunjung yang belum menjadi pelanggan juga bisa Anda dapatkan. Dengan data ini, Anda akan mampu membuat kebijakan yang tepat.

Berbeda jika Anda menggunakan marketplace. Data disimpan oleh pihak marketplace. Yang bisa Anda lakukan hanyalah berjualan.

3. Marketing Lebih Mudah

Ketika Anda sudah memiliki toko online, Anda bisa lebih leluasa melakukan online marketing. Anda bisa gunakan stratagi SEO (search engine optimization) untuk mendapatkan trafik organik dari Google. Selain itu, Anda juga bisa kombinasikan dengan strategi marketing lainnya seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan juga Google Ads.

Dengan menggunakan strategi marketing yang berbeda, maka toko online Anda akan mendapatkan ribuan trafik setiap hari. Potensi closing pun semakin tinggi.

Itulah keuntungan jualan di toko online. Kira-kira mana yang akan Anda pilih antara toko online vs marketplace?

Proyekti Bisnis Online di Masa Depan

toko online vs marketplace
toko online vs marketplace

Agar Anda tidak salah memilih, sebaiknya Anda melihat trend yang terjadi di zaman dahulu, sekarang, dan yang akan datang. Dengan melihat trend, Anda bisa membuat keputusan.

Sekitar 10 tahun yang lalu, ketika orang Indonesia baru mengenal jualan online, hanya sedikit yang berani transaksi secara online. Ada ketakutan, mulai dari penipuan hingga barang yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan.

Akhirnya muncullah marketplace. Dengan adanya marketplace, pembeli lebih tenang. Karena uang yang mereka transaksikan disimpan oleh pihak marketplace. Jika barang yang sampai tidak sesuai dengan keinginan, uang bisa diambil kembali.

Beberapa tahun kemudian ketika transaksi online bukan hal yang aneh membuat masyarakat semakin yakin transaksi di toko online. Bahkan, penjual mulai kesulitan berjualan di marketplace lantaran terlalu banyak penjual di sana. Kompetisi yang semakin ketat membuat mereka sering melakukan perang harga. Hingga akhirnya penjual mulai meninggalkan marketplace dan berjualan sendiri di toko online.

Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus mereka hadapi. Ketika mereka memilih untuk jualan online, mereka harus pastikan produknya bagus. Jika perlu, mereka sudah punya brand.

Selain itu, toko online harus dibuat dengan baik standard ecommerce. Selain menampilkan foto produk, toko online juga harus dilengkapi dengan sistem pembayaran yang aman. Inilah yang akan membuat calon pembeli yakin untuk melakukan transaksi.

Diprediksi, kedepannya nanti akan semakin banyak brand baru bermunculan. Dan pemilik brand tidak ingin terperangkap dengan perang harga di marketplace. Untuk itu, mereka menggunakan toko online sendiri.

Mereka juga bisa lebih leluasa mendatangkan trafik. Mereka bisa gunakan strategi online marketing apa saja untuk mendatangkan calon konsumen. Dan yang pasti, dengan memiliki toko online, mereka bisa lebih mudah mengontrol perkembangan bisnis online.

Nah, sekarang Anda sudah tahu banyak hal tentang toko online dan marketplace. Tidak ada yang harus dipertentangkan antara toko online vs marketplace. Untuk jangka pendek, Anda bisa manfaatkan marketplace. Akan tetapi, jika Anda ingin membangun bisnis online lebih profesional untuk jangka panjang, toko online menjadi pilihan yang tepat.

Anda tidak perlu belajar bagaimana cara membuat toko online. Anda bisa serahkan kepada kami. Kami menyediakan jasa pembuatan toko online. Kami akan buatkan toko online yang profesional dengan fitur-fitur standard ecommerce, seperti payment gateway, notifikasi pesan otomatis, kalkulasi ongkos kirim, live chat, Facebook Pixel Integration, input resi, dan juga Google analytic untuk mengetahui performa website.

Kami menawarkan 3 Paket Pembuatan Toko Online mulai dari harga Rp 1.500.000. Anda akan segera memiliki toko online yang profesional. Anda akan semakin siap membangun bisnis online! Lihat demo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *